Hari ke-360: Tadabbur Surah Al-Ikhlas Ayat 1-4, Al-Falaq Ayat 1-5 dan An-Nas Ayat 1-6

Surah Al-Ikhlas nilainya di sisi Allah adalah sepertiga Al-Qur’an kendati hanya berisi tiga ayat yang pendek, disebabkan  surah ini menjelaskan inti Ketauhidan Allah Ta’ala,  yakni Allah adalah Esa. Allah tempat meminta. Dia tidak beranak dan tidak diperanakkan, serta tidak ada apapun atau siapapun yang menyerupai-Nya. Surah Al-Ikhlas ini dianjurkan dibaca setiap malam sebelum tidur.

Ayat 1-5 surah Al-Falaq mengajarkan kepada umat Islam agar memiliki kekuatan diri untuk menghadapi berbagai kejahatan yang dilancarkan manusia ataupun jin, dengan cara memita perlindungan pada Allah, Tuhan Pencipta subuh, dari kejahatan makhluk, kejahatan yang terjadi di malam yang gelap, kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang meniup-niup tali yang dibuhul dan dari kejahatan orang yang dengki. Surah Al-Falaq ini dianjurkan dibaca setiap pagi dan sore bersama doa-doa lainnya  yang diajarkan Rasul Saw. kepada umatnya.

Surah An-Nas adalah surah terakhir dari Al-Qur’an, yakni surah yang ke 114. Surah An-Nas sama dengan surah  Al-Falaq sebelumnya, yakni mengajarkan kita  untuk memiliki kekuatan diri dengan meminta perlindungan pada Allah, Tuhan Pencipta manusia dan Tuhan yang disembah manusia, dari kejahatan bisikan setan yang tersembunyi,  yang membisikkan ke dalam hati manusia, baik dari kalangan jin atau manusia. Surat An-Nas ini dianjurkan juga dibaca setiap pagi dan sore bersama doa-doa lainnya yang diajarkan Rasul saw. Dengan membaca doa-doa tersebut, Allah akan melindungi kita dari segala bentuk kejahatan yang mengintai kita, baik dari kalangan jin, manusia maupun dari makhluk lainnya.

 

Tafsir Ibnu Katsir

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply