Hari ke-197: Tadabbur Surah An-Nur Ayat 54-58

Ayat 54-57 menjelaskan lima prinsip berikut:

  1. Taat kepada Allah dan Rasul Saw. adalah kewajiban manusia dan ketaatan itu adalah syarat mendapat hidayah Allah.
  2. Tugas Rasulullah Saw. adalah menyampaikan Al-Qur’an dengan sempurna. Jika manusia tidak mau menerimanya, maka tugas beliau sudah selesai dan manusia akan ditanya di akhirat kelak kenapa mereka menolaknya.
  3. Allah menjanjikan kepada Nabi Muhammad dan umatnya yang mukmin menjadi pemimpin manusia. Hanya dengan kepemimpinan kaum mukmin Islam bisa eksis, dunia ini aman dan kemusyrikan terkikis. Janji Allah ini sudah terbukti selama 13 abad lamanya umat Islam memimpin dunia.
  4. Menegakkan salat, menunaikan zakat dan menaati Rasul Saw. adalah jalan meraih rahmat Allah.
  5. Orang-orang kafir tidak akan bisa lolos dari azab Allah di dunia. Di akhirat mereka akan ditempatkan di neraka. Itulah tempat yang paling buruk.

Ayat 58 menjelaskan aturan masuk kamar orang tua bagi anak-anak yang belum dewasa dan hamba sahaya. Ada tiga  waktu di mana mereka tidak boleh masuk kecuali meminta izin terlebih dahulu, yaitu:

  1. Sebelum  salat Subuh
  2. Setelah Zuhur
  3. Setelah  salat Isya.

Ketiga waktu tersebut biasanya  orang tua membuka aurat mereka. Sebab itu, diharuskan bagi anak-anak mereka yang belum dewasa meminta izin jika mereka ingin masuk ke kamar atau ruang orang tua mereka.

 

Tafsir Ibnu Katsir

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply