Hari ke-250: Tadabbur Surah As-Saffat Ayat 1-24

Ayat 1-24 dari surah As-Saffat ini menjelaskan hal-hal berikuit :

  1. Allah bersumpah atas berbagai kondisi ketaatan malaikat seperti berbaris, menggiring awan dan menyampaikan wahyu kepada para Rasul-Nya. Semua itu hanya menekankan bahwa sesungguhnya Tuhan yang berhak disembah itu hanya Allah, bukan patung-patung itu.
  2. Alasannya sangat logis, yaitu karena Allah-lah Pencipta Tunggal langit, bumi, apa yang ada di antara keduanya dan tempat terbit matahari. Dia juga yang menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang, sekaligus penjagaan dari setiap setan yang durhaka yang mencoba naik.
  3. Kaum musyrik menyekutukan Allah, padahal, patung-patung yang mereka ciptakan itu sangat sederhana dibandingkan dengan ciptaan Allah. Allah ciptakan mereka dari tanah liat. Sangat mengherankan mereka menghina wahyu Allah dan bahkan menuduh Rasul saw. penyihir dan tidak percaya kepada kebangkitan.
  4. Hari kebangkitan itu pasti terjadi. Pada hari itu mereka terhina. Dengan sekali tiupan sangkakala, mereka sudah melihat hari pembalasan dan keputusan yang mereka tolak kebenarannya. Saat itulah mereka sangat takut. Lalu mereka dikumpulkan dengan istri-istri dan tuhan-tuhan yang mereka sembah, sambil digiring ke neraka Jahim setelah dimintakan pertanggung jawaban atas segala perbuatan mereka.

 

Tafsir Ibnu Katsir

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply