Hari ke-273: Tadabbur Surah Fussilat Ayat 47-54

Ayat 47-54 menjelaskan empat hal berikut:

  1. Hanya Allah yang mengetahui kapan kiamat terjadi. Tidak ada sesuatu pun yang lepas  dari pengetahuan Allah; buah-buahan keluar dari kelopaknya, wanita hamil dan melahirkan. Pada hari kiamat berhala-berhala berlepas diri dari kaum musyrik dan bahkan menghilang. Ketika itu mereka baru tahu tidak bisa lepas dari azab Allah.
  2. Manusia tidak bosan meminta harta, kesehatan dan sebagainya. Apabila ditimpa kesulitan, mereka berputus asa. Bila diberi kekayaan setelah melalui masa kesulitan, mereka sombong dan merasa layak mendapatkannya.
  3. Harta dan kenikmatan dunia bisa menyebabkan manusia kafir pada hari kiamat. Kalau terjadi kiamat, mereka yakin akan dapat kebaikan dari Allah. Inilah angan-angan yang mereka bangun dalam diri. Allah akan beritahu apa  saja yang mereka lakukan pada hari kiamat nanti dan bagi mereka azab yang sangat keras.
  4. Al-Qur’an adalah nikmat Allah yang amat besar pada manusia. Orang yang sombong menjauhinya. Namun, saat menghadapi kesulitan,  mereka banyak berdoa kepada Allah. Menolak  Al-Qur’an sebagai sistem hidup adalah kesesatan dan penyimpangan yang jauh. Allah akan perlihatkan pada mereka tanda-tanda kebesaran-Nya di jagad raya dan dalam diri mereka sehingga jelas bagi mereka Al-Qur’an itu benar.  Cukuplah Allah sebagai saksi. Sebenarnya kaum kafir itu ragu pada hari kiamat. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

 

Tafsir Ibnu Katsir

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply