Hari ke-337: Tadabbur Surah Al-Qiyamah Ayat 1-40

Ayat 1-15 dari surah Al-Qiyamah menjelaskan dahsyatnya hari kiamat. Pada hari itu manusia dibangkitkan, mereka bingung, bulan hilang cahayanya, matahari dan bulan dibenturkan. Manusia ingin mencari tempat lari, tapi tidak akan didapat. Semuanya dikembalikan kepada Allah. Semua amal diperlihatkan dan tidak ada lagi alasan.

Ayat 16-19 menjelaskan agar Rasul saw. tidak tergesa-gesa mengulang bacaan Al-Qur’an dari Jibril. Allah yang mengumpulkan, membacakannya melalui Jibril. Maka ikuti bacaan Jibril setelah ia selesai membacanya dan Allah menjamin memberikan penjelasannya dan pemahaman melalui malaikat Jibril.

Ayat 20-40 surah Al-Qiyamah ini menjelaskan bahwa manusia cenderung mencintai dunia dan melupakan akhirat. Pada hari kiamat nanti,  ada wajah yang berseri karena akan melihat Allah. Ada pula yang muram karena yakin mendapat siksaan. Orang yang tidak beriman, tidak salat dan menyombongkan diri, merasakan siksaan sejak sakratul maut datang. Celakalah mereka. Apakah manusia mengira mereka akan dibiarkan begitu saja? Bukankah Allah menciptakan mereka dari sperma dan menjadi lelaki dan wanita? Sebab itu, Allah Mahakuasa menghidupkan orang-orang yang sudah mati.

Tafsir Ibnu Katsir

 

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply