Kemana Ormas Islam

Kita mungkin sering mendengar berita ormas Islam seperti FPI, FBR, dan masih banyak lagi melakukan aksi – aksi pembrantasan kemaksiatan terutama untuk tempat esek – esek. Dan juga yang sering kita dengar usaha ormas – ormas Islam menentang Achamdiyah ataupun nabi palsu.

Terus terang ketika mendengar berita tersebut untuk saya seperti hal yang biasa saja. Saya menjadi berpikir setelah kejadian beberapa waktu lalu yang dialami oleh saya dan istri. Ketika itu saya sedang membawa mobil pulang dari pesantren milik ipar saya, lewatlah segrombolan masa islam dengan seragam putih yang berarak – arakan kombinasi metro mini, mobil dan motor. Awalnya saya menjalankan mobil seperti biasa, sampai pada satu titik arak – arakan berusaha menghentikan mobil saya dengan kata – kata yang cukup kasar. Saya merasa karena saya tidak menggangu dan jalan juga relatif luas, tidak terpengaruh oleh “intimidasi ini”. Tapi istri saya bersikap lain, dengan nada ketakutan ia minta saya untuk menghentikan kendaraan. Ketika saya lihat, raut muka istri saya tampak ketakutan, akibatnya walau tidak iklas saya hentikan kendaraan.

Apa yang mengelitik saya ? ini ormas yang mengaku berjuang atas nama islam, namun istri saya takut. Lantas terpikir lagi oleh saya, bahwa tema yang diusung mayoritas ormas – ormas yang melakukan kegiatan aksi di jalanan adalah pemberatasan kemaksiatan, achmadiyah dan nabi palsu. Dan aksi seperti ini bisa melibatkan ribuan orang.

Coba kita berpikir, aksi ormas ini membuat istri saya takut. Seingat saya pihak yang harusnya membuat istri saya takut adalah preman atau penjahat. Berbicara tentang preman, di Jakarta hampir di setiap sudut ada premannya. Ada yang berkedok tukang parkir atau pengamen, ada yang penipu, dll. Belum lagi kalau kita lihat banyak sekali pengemis di jalan – jalan saat ini. Saya pikir bukannya harus ormas Islam juga melakukan sesuatu untuk hal – hal seperti ini. Menjaga lingkungan membuat umat merasa aman. Membantu yang tidak mampu, meningkatkan kesejahtraan. Bukankah ini juga hal yang sangat penting dilakukan kalau tidak bisa dibilang lebih penting.

Akhirnya saya berpikir kemana ormas Islam kita. Apa peran ormas Islam untuk menjaga keamanan ? meningkatkan kesejahteraan umat. Karena sampai saat ini preman sangat banyak demikian juga dengan pengemis. Kapan Islam akan bergerak.

 

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply