Hari ke-40: Tadabbur Surah Ali Imron Ayat 195-200

Ayat 195 menjelaskan bahwa Allah mengabulkan semua permintaan orang-orang yang menggunakan akalnya dengan baik seperti yang dijelaskan ayat 190-194 sebelumnya. Termasuk mereka yang berhijrah di jalan Allah, berperang dan terbunuh di jalan Allah dan diusir dari negeri mereka, maka Allah akan menghapuskan segala dosa mereka dan memasukkan mereka ke dalam surga-Nya.

Ayat 196-197 menjelaskan agar kaum mukmin tidak teperdaya oleh kehebatan ekonomi orang-orang kafir yang hilir mudik diberbagai negeri. Apa yang mereka peroleh itu hanya kenikmatan dunia yang amat sedikit sedangkan tempat kembali mereka di akhirat adalah neraka Jahanam. Itulah seburuk-buruk tempat kembali.

Sedangkan ayat 197 menjelaskan kondisi orang-orang yang bertakwa pada Allah di akhirat kelak akan meraih surga yang mengalir di bawahnya berbagai macam sungai. Itulah tempat tinggal yang paling nikmat.

Ayat 199 menjelaskan sebagian Ahlul Kitab ada yang masuk Islam dan tidak terlibat jual beli ayat Allah. Mereka juga akan masuk surga.

Sedangkan ayat 200 menjelaskan, kunci kesuksesan orang-orang beriman itu ialah, sabar, saling menolong untuk kesabaran, menunggu waktu salat masuk di masjid dan bertakwa kepada Allah.

Tafsir

 

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply