Hari ke-97: Tadabbur Surah Al-Anfal Ayat 70-75

Ayat 70-75 dari surah Al-Anfal ini masih meneruskan ayat sebelumnya terkait 4 poin yang Allah jelaskan agar Rasul saw. dan kaum mukmin menyadarinya. Dalam ayat 70-75 ini Allah menjelaskan:

  1. Allah memberitahu Rasul saw. terkait para tawanan Perang Badar yang masuk Islam seperti Abbas Bin Abdul Muthalib dan kawan-kawannya bahwa jika mereka masuk Islam itu didasari iman yang benar, Allah akan berikan imbalan lebih baik dari tebusan yang mereka bayarkan kepada Rasul saw. dan mengampunkan dosa syirik dan kejahatan mereka sebelumnya terhadap Rasul saw. dan kaum mukmin lainnya. Namun, jika masuk Islam itu hanya sebagai trik pengkhianatan terhadap Rasul saw. maka Allah tidak akan membiarkan mereka, karena Dia Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana.
  2. Iman, hijrah dan jihad di jalan Allah dengan harta dan jiwa adalah tonggak kejayaan Islam sebagaimana yang dicontohkan Rasul saw. para sahabat beliau dan generasi Islam sepanjang sejarah. Untuk merealisasikan tiga hal tersebut, kaum mukmin wajib saling melindungi dan saling membantu sebagai wujud loyalitas terhadap sesama saudara seiman.
  3. Hijrah adalah salah satu bukti loyalitas terhadap pemimpin dan saudara seiman. Allah belum menganggap sempurna iman seorang mukmin, sebelum hijrah serta bergabung dengan pemimpin dan saudara mereka yang seiman. Allah melarang memberikan loyalitas kepada kaum mukmin Mekkah yang  tidak mau berhijrah Ke Madinah, kecuali jika mereka diperangi karena mereka mukmin. Jika yang memerangi mereka kaum kafir yang sudah memiliki perjanjian damai dengan kaum mukmin, maka tidak boleh ditolong.
  4. Orang-orang mukmin yang sebenarnya ialah yang beriman, berhijrah, berjihad di jalan Allah, saling melindungi dan saling menolong sesama mukmin. Mereka mendapatkah semua hak persaudaraan seiman, kecuali hak waris harus sesuai yang dijelaskan Allah dalam surah An-Nisa’.

Tafsir

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply