Hari ke-170: Tadabbur Surah Maryam Ayat 65-76

Ayat 65-76 menjelaskan hal-hal berikut:

  1. Allah itu Pencipta langit dan bumi dan apa saja di antara keduanya. Sebab itu sembah dan taatlah kepada-Nya dengan penuh kesabaran, karena tidak akan ada yang menyamai-Nya.
  2. Banyak manusia meragukan hari kebangkitan, padahal sebelum Allah ciptakan, mereka tidak ada. Mereka yang kafir dan setan pasti Allah himpunkan di mahsyar di sekitar neraka Jahanam dalam keadaan bertekuk lutut. Kemudian Allah tarik yang paling durhaka kepada-Nya dari setiap golongan di antara mereka.  Allah lebih tahu siapa dari mereka yang lebih  dahulu dilemparkan ke dalam neraka.
  3. Allah pasti menyelamatkan orang-orang yang bertakwa dari api neraka dan membiarkan orang-orang zalim bertekuk lutut di hadapan-Nya. Orang-orang zalim itu ialah yang kafir kepada wahyu Allah dan membanggakan tempat tinggal dan tempat pertemuan mereka lebih baik dari orang-orang beriman. Bukankah Allah telah membinasakan berbagai umat sebelum mereka yang memiliki tempat tinggal dan perabot rumah lebih baik dan mahal dari yang mereka miliki?
  4. Allah perintahkan Muhammad saw. untuk menjelaskan kepada orang-orang sesat itu bahwa suatu saat, (saat bencana atau kiamat) mereka akan mengetahui siapa yang akan berada pada kedudukan yang buruk dan lemah. Allah akan berikan balasan dan kesudahan yang baik  kepada orang yang beriman dan beramal saleh.

Sumber: Mushaf Tadabbur, Fathuddin Ja’far

 

Tafsir Ibnu Katsir

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply