Hari ke-240: Tadabbur Surah Al-Ahzab Ayat 63-73

Ayat 63-73 menjelaskan tiga hal penting :

  1. Orang-orang kafir itu tidak beriman kepada peristiwa kiamat kecuali kalau mereka  mengetahui waktunya. Sedangkan yang mengetahuinya hanya Allah. Sebab itu, Allah melaknat mereka dan menyiapkan bagi mereka neraka. Mereka kekal di dalamnya dan tidak  akan ada yang melindungi dan menolong mereka. Wajah mereka dibolak-balikkan di dalam  api neraka. Saat itu, mereka akan menyesal  kenapa dahulu di dunia tidak mentaati Allah dan Rasul saw. dan mau saja mengukuti para pemimpin dan para pembesar yang telah menyesatkan mereka. Ketika itu mereka memohon kepada Allah agar ditimpakan kepada para pempin dan pembesar itu azab dua kali lipat dan laknat yang besar.
  2. Allah melarang kaum mukmin agar tidak seperti kaum Bani Israel yang menyakiti Musa dengan tuduhan-tuduhan kebohongan dan ucapan-ucapan yang menyakitkan. Allah membelanya dari ucapan-ucapan tersebut, karena Musa itu memiliki kedudukan terhormat di sisi Allah. Sebab itu, kaum mukmin harus bertakwa kepada Allah dan berkata yang benar, agar Allah perbaiki perilaku mereka dan mengampuni dosa-dosa mereka.
  3. Siapa saja yang mentaati Allah dan Rasul-Nya maka ia pasti meraih sukses besar, yakni surga Allah.
  4. Pertama kali Allah menawarkan agama-Nya (Islam yang menjadi sistem hidup) kepada langit, bumi dan gunung-gunung. Mereka menolaknya karena tidak mungkin mampu disebabkan tidak memiliki fasilitas pendukung seperti akal dan sebagainya. Lalu amanah tersebut dipikul manusia karena mereka memilikinya. Dengan amanah tersebut akan diketahui siapa di anara manusia yang munafik,  musyrik, kafir dan Mukmin dan akan diberikan balasan yang setimpal.

 

Tafsir Ibnu Katsir

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply