Hari ke-305: Tadabbur Surah Al-Qomar Ayat 1-27

Ayat 1-6 dari surat Al-Qamar menjelaskan kiamat sudah dekat, bulan sudah terbelah dan kaum kafir Quraisy tidak juga beriman kendati melihat tanda kekuasaan Allah itu dan menganggapnya sihir. Mereka menolak kebenaran dan mengikuti hawa nafsu. Berita ancaman sudah ada, namun mereka tidak indahkan. Pada  hari kiamat mereka akan dipanggil kepada sesuatu yang buruk dan menakutkan.

Ayat 7 dan 8 meneruskan ayat sebelumnya terkait kaum kafir. Saat keluar dari kubur, mereka tertunduk dan mereka bagaikan belalang  yang berterbangan. Mereka bergegas menuju  malaikat yang memanggil dan hari itu kaum  kafir berkata: Inilah hari yang amat sulit.

Ayat 9-27 menjelaskan, sebelum kaum kafir Quraisy sudah ada kaum-kaum lain yang Allah musnahkan karena kekufuran mereka seperti, kaum Nuh yang ditenggelamkan dengan banjir besar. Pada waktu yang sama Allah selamatkan Nabi Nuh beserta kaum mukmin bersamanya dalam sebuah kapal kayu yang mampu  berlayar di tengah lautan banjir atas pengawasan Allah.

Allah jadikan banjir tersebut sebagai  bukti kekuasaan-Nya bagi yang mau menjadikannya pelajaran. Begitulah azab Allah datang  setelah rasul-Nya memberikan peringatan. Demikian pula Al-Qur’an, Allah mudahkan bagi orang yang mau menjadikannya pelajaran.

Allah hancurkan kaum ‘Ad dengan angin topan setelah diberi peringatan sehingga mereka mati bergelimpangan. Kaum Tsamud yang melecehkan nabi Saleh. Mereka tidak percaya nabi Saleh mendapat wahyu dari Allah dan  menuduhnya pendusta dan sombong. Pada akhirnya mereka akan tahu siapa yang pembohong dan sombong itu. Lalu Allah kirim unta betina sebagai ujian bagi mereka. Allah meminta Nabi Saleh menunggu dan besabar.

Tafsir Ibnu Katsir

 

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply