Hari ke-327: Tadabbur Surah At-Tahrim Ayat 8-12

Ayat 8 meneruskan ayat sebelumnya terkait program utama keluarga Mukmin. Agar selamat dari neraka, maka jadikanlah keluarga sebagai keluarga yang selalu taat dan bertobat  kepada Allah dengan sebenar-benarnya tobat.  Dengan demikian, Allah akan ampunkan dosa-dosa anggota keluarga kita dan masukkan kita ke dalam surga yang mengalir di bawahnya berbagai sungai. Pada hari kiamat nanti, mereka  diberikan Alllah cahaya di hadapan dan sebelah  kanan. Saat itu mereka meminta agar Allah sempurnakan cahaya bagi mereka dan mengampuni mereka.

Ayat 9 menjelaskan bahwa Allah memerintahkan Rasul Saw. untuk memerangi kaum kafir dan munafik dan menindak mereka dengan keras. Tempat kembali mereka adalah neraka. Itulah seburuk-buruk tempat.

Ayat 10-12 dari surah At-Tahrim ini menjelaskan dua profil wanita dunia, yakni profil wanita buruk dan profil wanita baik. Profil wanita buruk  adalah contoh bagi kaum kafir, sedangkan profil wanita baik contoh bagi kaum Mukmin.  Profil wanita buruk dicontohkan Alllah dengan istri Nabi Nuh dan Nabi Luth. Mereka berada di bawah kepemimpinan dua hamba yang saleh. Kedua istri dari dua Nabi tersebut berkhianat dan tidak taat kepada mereka, maka  jadilah mereka calon penghuni neraka.

Adapun profil wanita baik ialah Asiah, istri  Fir’aun. Kendati hidup dalam sebuah istana raja dan berlimpah kemewahan, namun ia tidak  terpengaruh sedikit pun dan Ia lebih mencintai kesenangan akhirat dan meminta pada Allah  agar dibangunkan rum di surga. untuk itu, ia memohon kepada Allah agar diselamatkan dari  Fir’aun dan kejahatannya serta kejahatan kaum  yang zalim.  Profil wanita baik lain ialah Maryam Binti Imran. Ia mampu menjaga kemaluannya dari perbuatan zina. Allah tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh-Nya sehingga mengandung dan melahirkan Nabi Isa. Maryam meyakini kebesaran-kebesaran Allah dan wahyu. Sebab itu ia termasuk wanita taat pada Allah.

 

Tafsir Ibnu Katsir

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply