Hari ke-342: Tadabbur Surah ‘Abasa Ayat 1-42

Ayat 1-16 surah ‘Abasa menjelaskan, Allah menegur Rasul saw. karena mengabaikan Abdullah Bin Ummi Maktum yang buta, karena  sedang mendekati pemuka Quraisy. Ini adalah pelajaran berharga bagi para Da’i agar tidak mengutamakan orang kaya dan berpangkat dari pada orang miskin dan lemah, karena tidak ada yang tahu siapa yang akan mendapay hidayah.

Ayat 17-32 menjelaskan, kenapa manusia kafir pada Allah? Bukankah Allah ciptakan mereka dari satu sel sperma, membatasi umur, mematikan dan kemudian membangkitkan dari kubur kapan Dia kehendaki. Makanan dari  hujan yang turun ke bumi, kemudian ditumbuhkan di atasnya biji-bijian, anggur, sayuran,  zaitun, kurma, kebun-kebun lebat dan buah-buahan. Semua itu untuk kehidupan mereka.

Ayat 33-42 menjelaskan, ketika kiamat terjadi, seseorang akan lari dari saudara, ibu, ayah, istri dan anak-anaknya. Setiap orang sibuk dengan urusan masing-masing. Pada hari itu ada wajah yang berseri-seri, ketawa dan gembira.  Ada pula yang tertutup debu dan hitam pekat.  Mereka itu adalah kaum kafir dan pendosa.

 

Tafsir Ibnu Katsir

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply