Hari ke-355: Tadabbur Surah Al-‘Adiyat Ayat 1-11 dan Al-Qar’iah Ayat 1-11

Ayat 1-9 surah Al-’Adiyat ini menjelaskan bahwa:

  1. Allah bersumpah dengan kuda yang memiliki berbagai keistimewaan. Hal ini menunjukkan bahwa kuda adalah hewan yang diciptakan Allah membawa kebaikan yang banyak kepada manusia sampai hari kiamat, khususnya  dalam menegakkan agama Allah.
  2. Sungguh manusia banyak yang ingkar pada Allah, sedangkan mereka menyaksikan keingkaran tersebut dan sangat mencintai harta. Sadarlah wahai manusia. Saat dibangkitkan dari dalam kubur tidak bisa berbuat apa-apa. Hanya iman dan amal saleh yang dapat membantu kita.

Ayat 10 dan 11 surah Al-’Adiyat meneruskan ayat sebelumnya terkait saat kiamat. Apa saja yang tersimpan dalam hati mereka akan ditampakkan. Sungguh Allah Maha Teliti terhadap keadaan mereka.

Ayat 1-11 surah Al-Qari’ah menjelaskan bahwa peristiwa kiamat itu sangat dahsayat. Manusia bertebaran bagaikan anai-anai yang bertebaran dan gunung-gunung bagaikan bulu yang beterbangan. Kaum mukmin yang amal kebaikannya lebih berat dari amal kejahatannya, akan mendapatkan kehidupan bahagia, yakni surga. Adapun yang amal kebaikannya lebih ringan dari kejahatannya, maka neraka menjadi tempat kembalinya. Mereka akan keluar setelah masa hukuman selesai.

Tafsir Ibnu Katsir

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply